Kenali Berbagai Jenis Susu Formula Bayi Ini

Memilih susu formula memang tidak bisa sembarangan. Hal ini karena terdapat berbagai macam di mana setiap anak memiliki toleransi yang berbeda-beda terhadapnya. Jika sampai salah, beberapa risiko mungkin terjadi seperti alergi, muntah, dan sebagainya. Oleh sebab itu, ketika membeli di tempat jual susu formula bayi, sebaiknya kenali terlebih dahulu beberapa jenis berikut ini.

Macam-Macam Formula Bayi

  1. Formula dengan kandungan susu sapi

Jenis ini merupakan bahan yang sering beredar di pasaran. Hal tersebut karena kandungannya bisa dikatakan sangat baik untuk sang buah hati. Setidaknya di dalamnya terkandung lemak, karbohidrat, serta protein cukup seimbang. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa tidak semua anak cocok dengan bahan tersebut dan bisa memicu alergi. Oleh sebab itu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu sebelum memilih jenis ini.

  1. Formula dengan kandungan susu kedelai

Bahan kedelai sering digunakan sebagai alternatif jika anak tidak dapat mengonsumsi susu sapi. Selain itu, biasanya bayi diberikan minuman tersebut ketika mereka mengalami infeksi gastrointestinal atau intoleransi laktosa. Meskipun kandungannya tidak sebaik bahan sebelumnya, namun jenis ini sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan gizi anak khususnya di masa pertumbuhan.

  1. Formula yang tidak mengandung laktosa

Berikutnya, ada juga jenis formula yang tidak memiliki kandungan laktosa. Bahan ini diperuntukkan untuk anak ketika mengalami intoleransi laktosa. Biasanya dalam minuman ini, kandungan gulanya akan digantikan dengan bahan lain, contohnya siru jagung. Dengan begitu, anak tetap bisa mendapatkan asupan gizi layaknya dari susu pada umumnya.

  1. Formula dengan kandungan hidrolisat parsial

Formula terakhir adalah formula dengan kandungan hidrolisat parsial. Pada dasarnya, jenis ini memiliki kandungan protein yang sudah terpecah menjadi lebih kecil. Dengan begitu, tubuh anak bisa lebih mudah menyerapnya ke dalam tubuh. Biasanya susu ini diberikan ke anak dengan masalah alergi protein atau kesulitan dalam menyerap nutrisi.

Tips Memilih Susu Anak yang Tepat

  1. Sesuaikan dengan kondisi anak saat ini

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyesuaikan jenis-jenis di atas dengan kondisi anak saat ini. Jika anak memang tidak memiliki masalah apapun, sebaiknya berikan susu sapi sebagai pilihan utama. Akan tetapi, apabila terdapat beberapa masalah pada pencernaan mereka, berikan alternatif seperti berbahan kedelai atau tanpa kandungan laktosa.

  1. Memperhatikan kandungan di dalamnya

Selanjutnya, perhatikan pula kandungan yang terdapat pada minuman tersebut. Setidaknya, minuman harus mengandung zat besi, kalsium, prebiotik, probiotik, DHA, dan vitamin D.

Jadi, bisa dikatakan pengetahuan akan jenis-jenis susu tersebut sangat penting. Selanjutnya, Anda juga harus membeli di tempat yang tepat. Anda bisa membelinya di toko online perlengkapan bayi seperti Orami yang memang sudah terpercaya dan bisa diandalkan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *