Meja Konferensi

Sebagian besar dari kita berasumsi bahwa orang-orang yang hadir dalam rapat yang dapat membuat atau menghancurkan produktivitas kelompok, padahal sebenarnya, bentuk meja rapat Anda dapat memiliki efek psikologis yang mendalam pada nada, moral, dan bahkan hasil dari pertemuan.

Meja adalah bagian tengah atau inti dari kelompok dan membawa arti penting dalam pertemuan Anda. Misalnya, ketika Anda memimpin kelompok yang tidak dapat diatur (ini sering terjadi di kantor hukum), Anda perlu memastikan dan mempertahankan kendali atas kelompok tersebut.

Kurva modern tanpa posisi ‘kaki meja’

Meja konferensi yang dirancang Kursi Tinggi Sempurna Untuk Rumah Kontemporer modern atau khusus dapat menciptakan posisi kekuatan di kepala meja, dan tidak ada kursi di kaki meja. Energi oposisi “yin & yang” tidak ada di sini. Jika Anda tidak memiliki meja modern dengan konfigurasi ini, pertimbangkan untuk mendorong meja ke dinding di kaki ujung meja sehingga tidak ada kursi oposisi yang tersedia.

Meja bundar untuk kolaborasi, bukan hierarki

Meja bundar melambangkan kesetaraan dan kolaborasi, dan paling cocok untuk pertemuan membangun tim, bekerja sama untuk tujuan harga kursi meja kuliah bersama, dan menciptakan rasa keintiman di antara orang-orang.

Meja Raja Arthur dibuat khusus untuk menandakan bahwa semua ksatria yang duduk di meja itu setara, dan pendapat semua orang dihargai. Ini juga dapat berarti bahwa mungkin lebih sulit untuk mengambil keputusan yang jelas, karena tidak ada pemimpin yang terlihat.

Siswa di sekolah hukum sering diberitahu tentang ruang juri yang memiliki meja bundar yang dipasang untuk waktu yang singkat. Selama waktu ini ada lebih banyak juri yang digantung daripada sebelumnya. Ketika meja bundar diganti dengan meja berbentuk persegi panjang yang lebih tradisional, juri yang menggunakan ruangan itu mulai mencapai lebih banyak vonis.

Meja tipis panjang menciptakan ‘zona komunikasi’

Jika Anda pernah menghadiri jamuan makan malam dengan meja panjang tipis, Anda mungkin pernah mengalami fenomena ini; Orang-orang di salah satu ujung meja sedang mendiskusikan satu topik, sementara orang-orang di ujung lain sedang mengobrol tentang sesuatu yang sama sekali berbeda, sementara mereka yang duduk di tengah bingung, tidak tahu percakapan mana yang harus diikuti.

Sering kali orang-orang dalam rapat cenderung duduk dekat dengan orang lain yang membuat mereka nyaman. Ketika mereka duduk terlalu jauh dari kepala meja (di mana aksinya) itu dapat menyebabkan gangguan, atau efek ‘kepala di awan’ yang ditakuti. Sering kali Anda akan melihat orang-orang duduk di area limbo membaca email di blackberry mereka dan tidak terlalu memperhatikan apa yang terjadi dalam rapat.

Komunikasi sulit ketika Anda terlalu berjauhan

Jika Anda membuat ruang untuk pengacara perceraian untuk berdebat tentang penyelesaian atau di mana pihak yang berlawanan tidak menyukai satu sama lain, meja dengan celah besar di tengah akan menjadi meja yang sempurna. Di ruang konferensi jenis lain, pemisahan yang dalam dan celah yang lebar akan menciptakan perasaan terpisah dan perasaan ‘kami melawan Anda’ di meja. Di ruangan ini, para peserta akan saling memandang, bukan pada pemimpin rapat. Saya juga menyarankan buffering suara ekstra di ruang ini, karena mungkin ada suara yang lebih keras dan pertempuran di sini.

Solusi umum

Saya menyarankan bahwa meja terbaik untuk sebagian besar ruang konferensi adalah meja berbentuk persegi panjang dengan sudut membulat (kadang-kadang disebut meja berbentuk perahu.) Sudut membulat secara inheren terasa lebih baik daripada titik menonjol, dan menyelamatkan tamu pertemuan dari perasaan duduk dekat. ke ‘tepi’ (yang mungkin terjadi ketika Anda memiliki lebih banyak orang di rapat daripada biasanya, dan Anda telah memindahkan kursi lebih dekat.)

Fitur penting untuk dipertimbangkan

Pastikan semua orang yang hadir merasa nyaman. Itu berarti memeriksa untuk memastikan bahwa kaki meja ditempatkan pada jarak yang nyaman dari lutut peserta, kursi nyaman untuk semua ketinggian (dan berat) dan ada pencahayaan yang memadai di meja untuk menyelesaikan tugas yang ada.

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *